Minggu, 04 Agustus 2019

Celotehan Sang Detasir...



Detasir Di KPw BI Provinsi Babel (Bangka dan Belitung) merupakan pengalaman baru selama bekerja di BI karena Detasir sekaligus merangkap menjadi Kepala KPw. Hari-hari seorang nomor satu di kantor diantaranya dipenuhi dengan arahan dan mendengar unek-unek bawahan. Terkait dengan unek-unek, salah satu strategi yg dipergunakan sebagai manusia yg memiliki ilmu terbatas adalah "you answer questions with questions". Karena yang terpenting bagi mereka adalah mendengarkan keluhan sudah dapat mengobati hati orang tersebut.

Bagi yang belum pernah kesana, perlu diketahui Bangka dan Belitung adalah tempat yang berbeda dan berada pada pulau yang terpisah, sekitar 4 jam ditempuh dengan kapal Feri.

Banyak sekali konsep tipe dan style kepemimpinan yang dianut oleh seorang pemimpin. Namun sebagai pemimpin tidaklah cukup hanya sekedar kecerdasan. Namun seorang pemimpin dituntut juga untuk jujur, amanah (dapat dipercaya), dan tabligh (selalu menyampaikan kebaikan). Pengertian tabligh disini kewajiban seorang pemimpin tidaklah hanya melulu menyampaikan sesuatu yang terkait dengan pekerjaan, namun "tidak terbatas" juga meliputi hal-hal yang terkait dengan kebaikan dan keburukan kehidupan "beyond the job". Hal ini yang akan menambah kualitas seorang pemimpin dan tanggung jawab pemimpin dimana kelak akan dihisab oleh Allah SWT atas orang-orang yang dipimpinnya.

Banyak sekali konsep dan style kepemimpinan yang ditawarkan. Kalaulah kita ingin mengambil contoh pemimpin yang akan membawa keselamatan dunia dan akhirat, maka cukuplah hanya dengan mengikuti style kepemimpinan Rasulullah SAW.

Tidak ada komentar: