Minggu, 06 Desember 2009

Ketika Kemenangan Telah Tiba...



Ketika membaca Alqur'an Surat An-Nashr (Surat ke 110), betapa indahnya firman Allah Ta'ala, “Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan. Dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah. Maka bertasbihlah dengan memuji Allah dan mohonlah ampunan kepada-Nya. Sungguh, Dia Maha Penerima Taubat.”
 
Ketika pertolongan Alloh telah datang, ketika kemenangan telah tiba, ketika keberhasilan telah diperoleh, maka banyaklah memuji Allah, maka banyaklah meminta ampun kepada Allah.
 
Subhanallah, terkadang kita melupakan perintah ini. 

Kita merasa semua itu adalah hasil jerih payah kita, semua itu hasil kecerdasan kita, semua itu berkat rencana yang sistematis, semua itu adalah hasil kolaborasi, strategi, dan lobi-lobi yang hebat dari kita. Saya rasa Allah tidak menapikkan usaha dan kerja keras hamba-hamba-Nya. Tetapi, ketika kita merenung kembali tapak demi tapak proses kemenangan dan keberhasilan yang kita peroleh. Seberapa besar peran dan campur tangan Allah SWT dalam semua proses ini. 

Bagaimana Allah telah memberikan kesehatan, kemampuan panca indera, dan otak kepada kita? Bagaimana Allah telah menyelaraskan seluruh lingkungan di sekitar kita untuk membantu proses keberhasilan itu? 

Bukankan Allah yang dapat memutar balikkan hati manusia sehingga kolega, supervisor, lecturer atau atasan mau membantu keberhasilan kita? Bukankan Allah Sang Maha Pengasih dan Pemurah, sehingga kita masih merasakan siang dan masih merasakan malam? Bukankah Allah Sang Maha Segala Sesuatu sehingga semua yang terjadi dilangit dan dibumi berada dalam genggaman-Nya. 

Saudaraku, banyaklah bertasbih dan banyaklah beristighfar. 

Jadikanlah semua keberhasilan dan kemenangan itu merupakan tanggung jawab kepada Allah SWT untuk menjaga amanah dan berbuat keadilan. Jadikanlah seluruh keberhasilan dan kemenangan itu merupakan sarana untuk meninggikan kalimat lailahhaillallah. Sesungguhnya, kemenangan sebenar-benarnya kemenangan adalah ketika Allah ridho atas hamba-hamba-Nya untuk memasuki syurga-Nya.

Tidak ada komentar: