Minggu, 16 Januari 2011

Kapan Ujian ini Akan Berlalu....



Saudaraku, 

Janganlah kita selalu berpikir bagaimana ujian Allah ini agar segera cepat berlalu. Boleh jadi, ketika ujian itu pergi, berarti kita sudah tidak bersyukur lagi kepada Allah SWT. 

Karena sudah sunatullah bahwa namanya manusia pasti akan diuji sebagaimana dalam suatu hadist bahwa "Dunia itu adalah penjara bagi orang-orang beriman".

Saya teringat dengan obrolan dengan istri saya, ketika dia mengingat taushiah seorang ustadz dalam sebuah pengajian, ketika Sang Ustadz bercerita seorang ibu yang mempunyai anak yang cacat mental. Namun sekarang anaknya tersebut sudah tiada. Ibu itu menceritakan kembali masa-masa ketika anaknya yang bermasalah-nya itu masih hidup. 

Banyak orang, tetangga dan saudara menyangka bahwa kami sudah terlepas dari beban yang berat. Padahal, dia yang sering membangunkan saya jam 3.00 pagi sehingga saya sering melakukan sholat tahajjud. Ketika terdengar azan 5 waktu, dia selalu memperlihatkan tingkah2-nya seolah-olah dia meminta saya agar segera melakukan sholat tepat pada waktunya. Karena dia juga, saya sering membacakan Al-quran karena dengan bacaan Al-quran itu dia merasa tenang dan tampak senang. 

Subhanallah. Namun ketika beliau dipanggil Allah SWT, saya sudah mulai jarang melakukan ibadah-ibadah yang sering saya lakukan dibandingkan ketika dia masih hidup.

Saudaraku, Janganlah kita selalu tergesa-gesa dengan ujian Allah. Jadilah kita orang yang sabar, karena sabar itu tidak ada batasnya. Janganlah kita berputus asa dari rahmat Allah SWT, kalau kita mengaku sebagai orang yang beriman. Allah berfirman dalam surat al-Insyirah (QS 94:5-6) :

"Bersama kesulitan pasti ada kemudahan" Allah menguatkan kembali dengan mengulang 2 kali kalimat tersebut. Mufassir menafsirkan bukan setelah kesulitan baru ada kemudahan. Namun bersama-sama kesulitan, Allah selipkan kemudahan di dalamnya.

Oleh karena itu wajar, kalau Rasulullah pernah bersabda di dalam hadist dikatakan bahwa orang yang bunuh diri sama saja dia melemparkan dirinya kedalam api neraka dan kekal di dalamnya...

1 komentar:

Y Pan mengatakan...

Terima kasih, sudah diingatkan... Memang akhir-akhir ini banyak ujian...