Minggu, 24 Juli 2011

Kumpulan Potongan Doa-doa-ku...



Sahabat Rohimakumullah,
Sewaktu sekolah, saya sering membacakan doa ketika upacara bendera. Di tempat kerja, salah satu tugas sampingan saya (side job) adalah membuat dan membawakan doa ketika ada acara-acara. Mungkin beberapa paragraf dapat dijadikan sumber inspirasi oleh teman-teman yang akan menggeluti hal yang sama, pekerjaan sosial yang dapat memberatkan timbangan kebaikan di akhirat kelak, insya Allah.

Untuk doa pembuka dibuka dengan terjemahan dari surat Alfatihah, atau terjemahan dari doa Robithoh (Ikatan hati),

"Ya Alloh Ya Tuhan kami, sesungguhnya hati-hati kami selalu berada dalam genggaman-Mu, kumpulkanlah hati-hati ini agar senantiasa cinta kepada-Mu, teguhkanlah ketaatan kami kepada-Mu, kuatkanlah janji kami dalam menyusuri tujuan hidup ini, terangilah jalan-jalan ini dengan cahaya-Mu. Berilah kepada kami manisnya ”beriman dan bertawakkal” kepada Engkau Ya Alloh.",

atau dibuka dengan pujian dan ampunan dosa,
"Ya Alloh, Engkau Assalam, bersama Engkau segala keselamatan, Maha Mulia Engkau Wahai Yang Memiliki keperkasaan dan kemuliaan."
"Ya Alloh ampunilah dosa-dosa kami, ampunilah dosa-dosa orang tua kami baik yang masih hidup maupun yang sudah wafat. Kasihanilah beliau sebagaimana mereka menyayangi kami."
"Ya Alloh Ya Robbana, Karuniakanlah kepada kami pasangan dan anak-anak yang menyejukkan hati dan jadikanlah kami dan keluarga kami orang-orang yang bertakwa."

Ketika memasuki isi doa, setiap permulaan doa sebaiknya didahului dengan sifat-sifat Allah yang agung.
"Ya Alloh Tuhan Yang Maha Perkasa, berilah Rahmat atas ”Keberhasilan dan Prestasi Kerja” yang Engkau berikan kepada kami, Jadikanlah kesuksesan ini merupakan jalan untuk menambahkan keimanan dan ketaatan kami kepada-Mu, Jauhkan kami dari sifat sombong lagi membangga-banggakan diri seolah-olah keberhasilan tidak ada campur tangan dari kehendak-Mu."

"Ya Alloh Yang Maha Bijaksana, setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban di Yaumil Mahsyar. Jadikanlah pemimpin kami adalah pemimpin yang adil dan amanah. Berikanlah selalu kesehatan dan semangat untuk mengarahkan kepada kebaikan untuk menuju ridho-Mu."

"Ya Alloh Ya Rahman Ya Rahiim, Tamu Agung, Bulan suci Ramadhon sebentar lagi akan menyapa kami dengan keagungannya, kuatkanlah semangat dan keimanan kami untuk tidak akan menyia-nyiakan bulan yang suci ini dengan memberikan ”amalan dan ibadah” yang terbaik. Ya Alloh, jadikanlah kami orang-orang yang cerdas dalam menempuh hidup ini, yaitu orang yang bekerja dengan “ihsan” tapi selalu ber-orientasi pada kampung akhirat yang kekal."

"Ya Alloh di hari ulang tahun ... yang ke ... tahun ini, semakin bertambah umur lembaga ini, mungkin semakin banyak dosa yang kami perbuat, semakin banyak amanah-Mu yang kami lalaikan, semakin banyak lisan kami yang tidak terjaga, Oleh karena itu ya Alloh, ampunilah dosa-dosa kami, sesungguhnya tulang belulang ini tidaklah mampu untuk menerima siksa-Mu yang sangat pedih, sebagaimana Rosululloh pernah gambarkan, selemah-lemahnya siksaan neraka adalah apabila kerikil neraka diletakkan di telapak kaki, maka mendidihlah seluruh otak kepala."

"Ya Alloh Ya Robbana, di hari ulang tahun ... yang ke ... tahun ini, selama .. tahun ini, telah banyak pula keberhasilan, pujian, dan penghargaan yang kami terima. Oleh karena itu Ya Alloh, jadikanlah kami orang-orang yang bersyukur atas nikmat-Mu. Sesunggunya segala puji hanyalah kepunyaan Engkau, dan tidak ada kekuatan kecuali hanyalah milik Engkau."

"Ya Alloh Ya Rahmannur Rohim, Terlihat masih panjang perjalanan yang akan kami tempuh di masa-masa mendatang, Sedangkan kematian selalu mengintai, sekali dia datang maka tidak dapat dimundurkan atau dimajukan. Oleh karena itu Ya Alloh, jadikanlah kami orang-orang yang cerdas dalam menempuh hidup ini, yaitu orang yang bekerja dengan “ihsan” tapi selalu ingat akan kematian dan kampung akhirat."

"Ya Alloh Ya Azis wa Hakiim, Banyak sekali peringatan dan perumpamaan yang Engkau sampaikan dalam Alqur’an, Banyak amal-amal manusia di yaumil Mahsyar bagaikan fatamorgana, banyak amal-amal manusia di yaumil hisab bagaikan debu-debu yang beterbangan, Alangkah meruginya orang-orang itu Ya Alloh, pastilah mereka akan Kau masukkan kedalam Neraka-Mu, Oleh karena itu Ya Alloh Jadikanlah amalan-amalan kami, amalan yang akan memberatkan timbangan kebaikan, sehingga Engkau Ridho untuk memberikan surga-Mu."

"Ya Alloh Ya Robbana, merupakan Sunnatulloh, hidup ini Engkau pergilirkan kepada Hamba-Hamba-Mu, bagi rekan yang mutasi dan MPP(Pensiun) berikan kesehatan yang baik dan semangat di tempat yang baru, bagi para jubilaris berilah berkah dan nilai ibadah selama bekerja di ..., bagi yang promosi berilah rasa syukur dan rasa amanah, bagi yang belum berilah Kesabaran, Semoga segala keputusan ini membawa ketaqwaan kami kepada-Mu ya Alloh."

"Ya Alloh Ya Rohmanurrohiim, Selamatkanlah kami di dalam din-Mu, Sehatkanlah badan kami, Tambahkan ilmu yang bermanfaat, Berkahkan rejeki yang Kau berikan, terimalah taubat kami sebelum maut menjemput, mudahkanlah dalam sakaratul maut, dan akhirkan hidup ini dengan ampunan-Mu."

"Ya Alloh Ya Rohman dan Rohiim, Berilah kami kesehatan dan umur yang penuh berkah. Jadikanlah kami sebagai orang-orang yang bersyukur dan bershabar atas segala keputusan dan ketentuan-Mu. Sesungguhnya Syurga-Mu jauh lebih baik dan kekal."

"Ya Alloh Ya Rohman dan Rohiim, Jadikanlah kami orang-orang yang berprasangka baik, berhusnuzhon kepada Alloh atas semua takdir-Mu. Jadikanlah kami sebagai orang-orang yang bersyukur ketika Engkau beri keberhasilan, kesenangan dan kemudahan. Dan Jadikanlah kami sebagai orang-orang yang shabar ketika Engkau uji dengan kegagalan, kesedihan dan kesulitan. Sesungguhnya kebaikan kampong akhirat lebih baik dan kekal."

"Ya Alloh di bulan syawal yang penuh mubarok, kami bersilaturahmi untuk saling bermaaf maafan. Eratkanlah ikatan hati diantara kami, kuatkanlah dengan kasih sayang-Mu. Jauhilah dari kami sifat iri, dengki dan saling mencela."

Kemudian ditutup dengan doa,
"Ya Alloh Maha Penerima Taubat, perkenankanlah permintaan kami ini.", dilanjutkan dengan doa penutup keselamatan yang sudah kita ketahui bersama.

Disamping itu yang perlu diingat doa janganlah terlalu panjang dan jangan pula terlalu pendek. Setiap paragraf ini, dipindahkan kedalam tabel yang kemudian dicetak dan digunting menjadi lembaran kecil-kecil namun tetap mudah dibaca, sehingga mudah ketika membawakannya. Selamat mencoba.. Wallahu a'lam.

Tidak ada komentar: