Senin, 23 Februari 2009

ACCT7202, Accouting (Course sem 2 Master of Commerce in UQ)

Mata kuliah ini menggunakan buku ‘Financial Accounting an integrated approach’ 3th Edition, 2006 karya Ken Trotman. Penekanan terbesar mata kuliah ini adalah mengerti dan paham betul dalam melakukan jurnal untuk semua transaksi yang terkait dengan assets, liabilities dan equities termasuk adjustmet.
Kemudian mengerti juga untuk posting transaksi dalam ledger book sehingga menghasilkan Neraca, Income Statement dan Cash Flow statement. Terus terang untuk cara posting ke ledger tidak terlalu dibahas secara detail, tetapi pemahaman dalam membaca informasi pada neraca dan income statement sangat ditekankan. Kemudian terakhir pertemuan membahas agak cepat tentang cara menghitung ratio dan interpretasinya.
Untuk Assets diperkenalkan ‘definition and recognition of assets’, kemudian klasifikasinya yang dibagi atas 2 yaitu ‘current dan non current assets’. Current Assets diantaranya meliputi cara penghitungan ‘cash flow assumption of inventory’ (FIFO, LIFO dan Weighted Average). Sedangkan Non Current Assets mecakup pembahasan cara penghitungan dan jurnal depresiasi dan revaluasi. Untuk penghitungan depresiasi non current asset adalah nilai dimana asset tersebut siap untuk digunakan (termasuk biaya pengiriman, tax dan installment). Khusus untuk revaluasi sangat perlu diketahui bahwa nilai asset dapat berubah dengan adanya perubahaan harga pasar yang dikenal dengan istilah ’market value, fair value atau net reliasable value’. Disamping itu diperkenalkan pula maksud dan kegunaan rekening kontra asset yaitu ’accumulated depreciation dan allowance doubtful debt’.
Pada liabilities diperkenalkan pula ’definition and recognition of liabilities’ karena hal ini sangat penting terkait dengan transaksi yang digolongkan pada ’provision atau contigency’. Provision sudah dapat digolongkan sebagai kewajiban sedangkan contigency belum dapat diakui sebagai kewajiban sehingga dimasukkan dalam ’disclosure notes’. Seperti assets, liabilities dibagi menjadi current dan non current liabilities. Variasi dalam topik ini adalah menghitung present value dari non current liabilities seperti loan, debenture atau lease, kemudian cara membuat jurnalnya.
Begitu pula jurnal-jurnal yang terkait dengan equity, seperti pembayaran share dan bonus, transfer reserve, penghitungan dan pembukuan 'retained profits' dan dividend.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

ass.wr.wb...

pak...kalo non current assets itu bahasa indonesianya apa yah kira2?
trima kasi banyak...

achmadibi mengatakan...

Ass Wr.Wb.
Istilah akunting kalo diterjemahkan pasti akan lebih panjang, Non current assets : Aset yang tidak likuid, perlu waktu untuk mengubah menjadi uang tunai (cash).Semoga membantu.