Senin, 23 Februari 2009

ECON7002, Economics For Commerce (Course sem 2 Master of commerce in UQ)

Buku yang digunakan adalah Edwin Mansfield, ‘Microeconomics Theory/Applications’, 11th Edition, 2004. Pengajaran materi ekonomi dasar ini dibagi atas 2: Microeconomics dan Macroeconomics. Menurut saya, teori akan lebih mudah dipahami dengan mempelajari diagramnya.

Microeconomics meliputi market demand, market supply, equilibrium price, demand elasticity (yaitu: income elasticity, cross elasticity, and supply elasticity). Consumer’s equilibrium:1. scale of preference, 2. indifference curve, 3. budget line. Selain itu, materi ‘effect of money income change on the equilibrium’, Engel curve, effect of price change on consumer’s equilibrium: income and substitution effect (jika assumsi pendapatan tetap).

Selanjutnya pertemuan berikutnya, Production function theory, yaitu fungsi ‘output vs labor’, Kapan ‘employment’ seharusnya berhenti? 1. optimum employment level: Marginal Product (MP) = 0, atau 2. maximum employment: Average Product (AP) menurun dan lebih besar dari MP.Disamping itu, pembahasan mengenai ‘importance of marginal product’, Law of increasing and diminishing returns in total product, nature of total cost function: Total Cost (TC), Average Cost (AC) and Marginal Cost (MC) of production. Stages in Production and Cost function and equilibrium input sebagai berikut stage 1: AP lebih kecil dari MP. Oleh karena itu, AC lebih besar dari MC; stage 2: AP lebih besar dari MP,. Oleh karena itu AC lebih kecil dari MC, profit diperoleh pada posisi ini; stage 3: TP menurun pada grafik production, tetapi TC meningkat dan backward bending pada grafik cost. stage 3 tidak relevan untuk produser. Effect dari ‘improved technology’ adalah memperluas area stage 2 sehingga lebih meningkatkan fungsi output of production.

Memahami istilah iso-quant dan iso-cost curve, return to scale (terdiri dari: constant, increasing, decreasing return to scale), firm’s expansion path. Kemudian, memahami average cost (kurva SAC dan LAC), average total cost (ATC) adalah kombinasi average fix cost (AFC) dan average variable cost (AVC). Selanjutnya, pemahaman istilah ‘Consumer and Producer Surplus’, effect of imports, tariff, quota pada consumer and producer surplus dan terjadinya ‘dead weight loss’.

Pembahasan market structure: pure competition (Excess profit, normal profit, loss minimizing, shut down point). Dilanjutkan dengan pasar monopoli, efek harga dengan adanya pajak (tax) dan ‘predatory price’, dan definisi ‘degree of monopoly power’, dan terjadinya price discrimination. Kemudian, pemahaman definisi dan diagram dengan diberlakukan ‘public regulation’ terhadap monopoli (hal ini terkait dengan second degree price discrimination). Selain itu, dijelaskan perbedaan antara pure competition dan monopoli.

Macroeconomics meliputi income atau output yang terdiri dari konsumsi, investasi, ‘government expenditure’ dan ‘net balance of payment surplus’. Rumus penghitungan ‘real GDP’ dan asumsi dalam penghitungannya sehingga GDP tidak selalu berbanding lurus dengan kesejahteraan social. 4 phase dalam business cycle (Prosperity, recession, depression, recovery) dengan penjelasan setiap karakteristiknya. Disamping itu, menjelaskan faktor-faktor yang menimbulkan ‘cyclical fluctuation’ seperti behavior in investment, fluktuasi dalam konsumsi ‘durable consumer goods’, ‘monopoly power’ dan perubahan ekspektasi. Tipe employment (frictional, structural, cyclical) dan cara menghitung unemployment dan memahami istilah full employment dan GDP gap. Kemudian cara sederhana menghitung inflasi dengan diperkenalkan secara cepat terhadap teori inflasi yaitu klasik dan Keynes. Diakhiri dengan tipe inflasi dan efek yang ditimbulkannya.

Menerangkan lebih detail terkait dengan Keynesian theory dalam employment, income dan output dalam bentuk diagram (kondisi inflationary dan recessionay gap). Dijelaskan pula faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi, investasi, ‘governmet expenditure’ dan perhitungan efek multiplier.

Tidak ada komentar: