Senin, 23 Februari 2009

MKTG7501, Marketing (Course sem 2 Summer Semester in UQ)

Buku yang digunakan berjudul ‘Marketing’ , 7th Edition, 2006 karya Philip Kottler.
Marketing berbeda dengan ‘selling’, dan penekanannya pada ‘creating customer value and satisfaction’. Selain itu pula penekanan pada ‘building profitable relationship’ bahwa marketing bukan semata-mata berorientasi pada ‘power’, tetapi pada ‘empowerment’ dan ‘cooperation’ dengan customer dan pasar. Relationship perlu dibangun untuk merebut ‘potential customer’, tetapi juga jangan menganggap sepele dengan customer yang sudah ada, perlu ditingkatkan terus menerus kualitas relasinya agar menjadi loyal.

Marketing juga tidak hanya terpaku pada ‘customer oriented’, tetapi diperlukan juga mempelajari dan memahami ‘competitor’s development and strategy’. Oleh karena itu, perusahaan harus mampu membuktikan ‘competitive advantage’ dari sebuah produk/servis yang ditawarkan ke pasar, yaitu harga murah atau ‘more benefits’ dibandingkan dengan produk lain. Dan perlu dipahami pula bahwa penerimaan produk di pasar terkait kuat dengan level kualitas yang diterima oleh customer dan pasar.
Pencapain target marketing sangat terkait dengan program ‘internal marketing’, yaitu pemilikan staf yang tangguh dan siap untuk merespon dengan tepat dengan berbagai situasi, dengan melakukan integrasi dengan function lain dalam satu organisasi dan eksternal organisasi.

Pembuatan marketing plan sebelum implementasi sangatlah penting dan diajurkan. Analisa SWOT sering dijadikan alat dalam analisis marketing. Pentingnya melakukan market research dan market intelligence walau hanya sederhana. Pembuatan database sebagai sumber informasi dan pengambilan keputusan yang mencakup customer, competitor, pasar, dan partner bisnis. Mempelajari customer behavior, market (segmentation, targeting, dan positioning), competitor behavior. Penekanan pada strategi pengembangan marketing mix (4P: Product, Price, Promotion, and Place) dengan segala variasinya sangatlah penting dalam marketing untuk mencapai 4C: (Customer, Cost, Communication, and Comfort). Marketing juga harus mengarah pada pemanfaatan teknologi untuk mencapai ‘one to one’ atau ‘online’ marketing.

Pada course ini diberikan 2 tugas tulis dan persentasi untuk mengukur pemahaman mahasiswa yaitu membuat marketing plan (3000 words) dan mencari dan membahas studi kasus yang terkait dengan marketing ethics (800 words).

2 komentar:

Y Pan mengatakan...

kelihatannya ente bener-bener belajar, hehehe... Jangan lupa sekali-sekali rileks.

achmadibi mengatakan...

Akhi...Jazakalloh atas nasihatnya..