Sabtu, 02 Maret 2013

Labbaika Allahumma Umrotan...


Ketika haji/umroh suara doa talbiyah diucapkan bersama-sama benar-benar menggetarkan hati "Labbaikallahumma labbaik, Labbaika laa syarikalaka labbaik, Innalhamda wani'mata laka walmulk, Laa syarikalak" (Aku penuhi panggilan-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu, sesungguhnya pujian dan nikmat adalah milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu). Sungguh indah doa ini kalau kita memahaminya.

Saudaraku, saya yakin setiap individu merasakan perjalanan ruhani yang berbeda-beda selama menunaikan ibadah ini. Namun bagi saya, ketika melihat ka'bah, subhnallah/maha suci Allah atas keagungan-Mu. Hal ini menggambarkan bahwa umat Islam haruslah bersatu padu (koordinasi, komunikasi, dan kerjasama) dalam menjalankan kehidupan ini, sesungguhnya perjuangan untuk memasuki jannah haruslah sungguh-sungguh dan penuh strategi dan pengorbanan. Bukanlah Allah menginginkan untuk menyembah bangunan tersebut, tetapi Allah menginginkan semua umat Islam dimanapun berada untuk menyatukan arah dan prinsip untuk meninggikan kalimat Laa ilaha illallah Muhammad rasulullah.

Apatah lagi, semua orang yang melihat sungguh takjub, jutaan orang yang sedang beragam aktivitas, ketika imam mengucapkan takbir untuk sholat, jutaan orang langsung berbaris rapih, melakukan gerakan yang rapih, dari takbiratul ihrom s.d. salam bergerak dengan rapih dalam satu komando imam, subhanallah.

Saudaraku, memang ada segelintir orang yang mengkomentari ibadah ini, seperti berebutan memegang kabah, mencium hajar aswad, atau sholat di raudhoh. Hendaklah antum memaklumi karena itulah kehidupan ini sangat beragam emosi, pendidikan, latar belakang manusia untuk bergerak bersama dalam meninggikan dinul Islam ini. Hal ini harus diikuti dengan kesabaran, keiklasan dan pengorbanan. Wallahu alam.

Tidak ada komentar: